PREVIEW ARSENAL VS MANCHESTER CITY

PREVIEW ARSENAL VS MANCHESTER CITY

Pekan perdana Premier League akan menyajikan duel panas antara Arsenal vs Manchester City pada Minggu (12/8/2018). Bertanding di Stadion Emirates, juara bertahan Manchester City lebih diunggulkan meraup poin penuh dibanding Arsenal yang musim ini diasuh pelatih anyar mereka Unai Emery.

Arsenal harus rela tidak lolos ke Liga Champions Eropa setelah di musim lalu mereka hanya finis di peringkat ke-6 klasemen akhir. Dari 22 musim terakhir catatan tersebut menjadi yang terburuk bagi tim asal kota London Utara itu. Di tahun sebelumnya (2016/2017), mereka juga tidak lolos ke Liga Champions. Imbasnya, Arsene Wenger, pelatih yang telah menangani Arsenal selama lebih dari 20 tahun mengundurkan diri.

Unai Emery, juru taktik baru The Gunners mengawali laga pra-musim dengan baik. Ozil dan kolega hanya kalah sekali dari lima pertandingan pra-musim mereka. Kekalahan dari Atletico Madrid (26/7/2018) di babak adu penalti menjadi satu-satunya kekalahan skuat Unai Emery. Sisanya mereka meraup kemenangan, termasuk skor 5-1 melawan Paris Saint-Germain.

Pelatih berpaspor Spanyol itu kemungkinan akan menurunkan dua rekrutan anyar Arsenal sejak menit awal yaitu, Lucas Torreira dan Stephen Lichtsteiner. Keduanya juga bermain sejak menit pertama saat membungkam 2-0 Lazio (5/8/2018). Emery mengungkap bahwa akan melihat lebih dahulu kebugaran keduanya yang kurang fit setelah melakoni Piala Dunia 2018.

Arsenal mendatangkan lima pemain anyar di bursa transfer musim panas ini, yakni Bernd Leno (Bayer Leverkusen), Lucas Torreira (Sampdoria), Sokratis Papastathopoulus (Borrusia Dortmund), Matteo Guendouzi (Lorient), dan Stepehen Lichtsteiner (Juventus).

Di kubu lawan, tim asuhan Pep Guardiola mengincar awal yang baik guna mempertahankan gelar Premier League. Di musim 2017/2018, Manchester City hanya kalah dua kali dan empat kali imbang dari 38 pertandingan. Kekalahan mereka datang dari Liverpool dan Manchester United.

Di laga pra-musim, City meraih tiga kemenangan dari lima kali pertandingan termasuk menang 2-0 di pertandingan Community Shield atas Chelsea (5/8/2018). Banyaknya pemain yang absen karena jatah libur setelah Piala Dunia, membuat Citizen belum tampil maksimal.

Manchester Biru terhitung tak terlalu aktif di bursa transfer musim panas ini. Hanya satu nama besar, Riyadh Mahrez (Leicester City) yang merapat ke Etihad Stadium. Sisanya, hanya nama-nama seperti Claudio Gomes (PSG), Philippe Sandler (PEC Zwolle) dan Daniel Arzani (Melbourne City). The Citizen juga melepas 17 pemain (baik dipinjam ataupun pindah klub secara permanen).

Kedua tim tidak memiliki kendala cedera pemain inti. Arsenal mendapat angin segar, Aaron Ramsey telah kembali berlatih bersama tim utama setelah mengalami cedera ringan. Hanya Sead Kolasinac dan Laurent Koscielny yang harus absen. Di sisi City sendiri tidak ada masalah berarti, hanya Elaquim Mangala yang dipastikan absen.

Dari rekor lima pertemuan terakhir, City unggul tiga kali sekali imbang dan sekali kalah. Terkini, mereka menang telak dengan skor 3-0 di Stadion Emerites (1/3/2018).

Arsenal diperkirakan memainkan kedua penyerang andalan mereka Alexandre Lacazette dan Pierre Aubameyang. Dengan formasi dasar 4-3-3 menempatkan Mesut Ozil sebagai playmaker. Sedang Guardiola kemungkinan akan mengandalkan 3-4-3, menempatkan Riyad Mahrez, Sergio Aguero dan Leroy Sane di lini serang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *